INDIKASI PENYAKIT MERPATI DAN PENGOBATANNYA


BEBERAPA PENYEBAB MERPATI MATI MENDADAK

Kali ini akan kita share beberapa penyebab merpati mati mendadak. Tentu beberapa rekan pernah mengalami merpatinya mati mendadak. Habis dilatih tau tau sayap turun, merpati enggan bergerak lesu bulu diatas paruh & bulu badan mengembang, badan terasa ringan sekali kalo dipegang, enggan makan akhirnya 1-3 hari kemudian mati. Orang jawa ada yg bilang penyakit korut atau kurus mendadak. Taukah rekan2 kalo itu adalah tanda2 dehidrasi akut atau kekurangan cairan tubuh. Itu jg berlaku pada burung yang sakit selama burung tidak dehidrasi burung mampu bertahan lebih lama dibanding burung sakit yg sudah mengalami dehidrasi, beberapa penyakit yg bisa membuat merpati rekan dehidrasi diantaranya keracunan ( burung mengalami muntah terus menerus hingga akhirnya kehabisan cairan), gangguan bakteri, ini umumnya menyerang pencernaan akibatnya tembolok tidak bisa memroses makanan secara normal sehingga asupan makanan tidak bisa dicerna dengan baik dan akhirnya tubuh tidak mampu menyerap makanan, jd walaupun merpati makan banyak tp burung tetep kurus bahkan makin kurus tiap harinya, dan akhirnya mati.

 

ANTISIPASI : Beri minum secukupnya pada burung yg mau dilatih, berikan minuman tambahan dilapangan. Stamina burung mempengaruhi tingkat dehidrasi jd beri latihan sesuai kekuatan burung. Misal dosis latihan disesuaikan dengan stamina, burung yg sering dilatih tentu berbeda dengan burung yg lama istirahat tidak terbang.

 

PENGOBATAN : Untuk burung yg sudah terserang dehidrasi segera kasih minuman yg mengandung sari2 makanan yg langsung bisa diserap tubuh misal air tajin atau minuman elektrolit yg mengandung sari makanan yg langsung bisa diserap tubuh, bisa jg cairan infus bertanda merah(RL), serta pemberian vitamin untuk mengembalikan kekebalan tubuh. Untuk yang mau praktis bisa menggunakan extrafit kapsul untuk pengobatan cara penggunaan beri extrafit pagi dan sore masing2 satu kapsul dan campurkan 1 kapsul elektrolit injection dengan 100ml air (maksimal 1 hari 200ml atau 2kapsul sehari). Untuk burung yg sudah parah pemberian elektrolit injection bisa dibantu dengan spet, selang 10 menit spet kembali dengan bubur bayi secukupnya. Untuk burung yg sudah ditaraf dehidrasi tembolok kosong tanpa cairan & makanan artinya semakin dekat dengan kematian, Berikan merpati makanan yg mudah dicerna tubuh misal BR atau AD2. Insya alloh 3 – 7 hari merpati sembuh seperti semula.

  • ( sumber: Gading BF )

Satu tanggapan untuk “INDIKASI PENYAKIT MERPATI DAN PENGOBATANNYA

  • Juni 3, 2018 pada 2:02 pm
    Permalink

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *